Kamis, 21 April 2016

#ERPT07C UTS Analisa Sebelum dan Sesudah Install Modul/Add On ir_export_extended_ept

Assalamualaikum wr. wb,

Gimana kabar kalian kali ini? apa masih semangat? kalo saya sih sudah lelah. haha bercanda, pastinya semangat dong, ayooo kalian juga mesti semangat, karena saya akan membahas mengenai analisa pada odoo sebelum dan sesudah instal Add On , tapi khusus untuk Add On ir_export_extended_ept karena kebetulan saya kebagian untuk membahas fungsi tersebut. hihi

Ok langsung saja yuk,

Pertama yang akan saya bahas adalah, sebelum menginstall Add On, ok silahkan di cek 

1. Create Database : Masuk ke Localhost:8069/web/database/manager#action=database_manager.
    Lalu pada menu Database Management pilih Create...
    - Pada field Master Password di isi admin
    - Select a database name isi : 08-uperp7-srikurnia-fla-5-addon-before
    - Choose a password isi : admin
    - Confirm password isi : admin
    Setelah itu klik Create Database

 

2. Lalu akan muncul menu login seperti dibawah ini, setelah berhasil membuat database baru

 
3. Setelah database terbuat dan berhasil login makan akan muncul tampilan Local Modules lalu install Accounting and Finance, saya memilih modul accounting untuk diistal, karena admin tidak ada pilihan untuk menginstall modul admin, oleh karena itu saya memilih install bebas saja yaitu modul accounting, selain modul tersebut, kalian bisa juga menginstall modul purchase, sales, dll (khusus bagian admin ya. hehe )


4. Lalu setelah berhasil menginstall modul accounting, maka akan muncul tampilan Configure Accounting Data klik Continue


5.  Setelah klik continue maka akan muncul tampilan Set Your Accounting Options, lalau klik apply



Nah setelah modul Accounting dan Finance terinstal perhatikan menu dan sub menu yang ada di modul accounting , menu tersebut terletak disamping kiri



Lalu perhatikan menu yang ada di bagian Reporting, kenapa saya memperhatikan menu ini, karena nanti saat menginstall add on, kita akan tau jawabannya. hehe. ok langsung saja dicek 


Baik sekarang saya akan bahas, saat sudah menginstall add on, tapi sebelum menginstall add on, database sebelumnya harus di duplicate terlebih dahulu , database sebelumnya yaitu 08-uperp7-srikurnia-FLA-5-addon-before akan saya duplicate menjadi 08-uperp7-srikurnia-FLA-5-expor-ir_export_extended_ept
gimana caranya? yuk di cek :)

1. Masuk ke Localhost:8069/web/database/manager#action=database_manager.
    Lalu pada menu Database Management pilih Duplicate


Pada field Master Password di isi admin
a. Original database name : 08-uperp7-srikurnia-FLA-5-addon-before (database yang di buat sebelum
    di install add on)
b. New database name : 08-uperp7-srikurnia-FLA-5-expor-ir_export_extended_ept (database yang akan digunakan untuk menginstall add on)
Setelah itu klik Duplicate
 
2. Setelah selesai Duplicate muncul tampilan Database Management lalu klik Back to Login di pojok kanan atas
 
 
3. Muncul tampilan Database Selector pilih database 08-uperp7-srikurnia-FLA-5-expor-ir_export_extended_ept , lalu login sebagai admin dengan password admin
 
 4. Setelah berhasil login pilih Settings di kiri atas lalu pilih Apps di sub menu Modules sebelah kiri.
    Close/Delete Featured di kanan atas (klik tanda x untuk mendelete Featured).
    Note : Untuk menginstall add on ini perlu sambungan internet karena jika tidak maka tidak 
    akan bisa menginstall add on.
 

5. Setelah Featured di close/delete ketik add on lalu ir_export_extended_ept kemudian enter. Muncul
    modul Export Data In Excel lalu klik Install
 
 
Dan gambar dibawah ini menunjukkan bahwa modul Export data in excel (ir_export_extended_ept) sudah terisntal
 
 
 Baiklah sekarang saatnya membandingkan sebelum install add on dan sesudah install add on.

1. Pada menu accounting yang pertama kali kita install sebelum menginstall add on dan setelah di install add on ternyata tidak ada perbedaan sama sekali, menu maupun sub menu masih sama sebelum dan sesudah di install add on.

2. Sedangkan pada menu Reporting terdapat perbedaan sub menu, yaitu adanya tambahan menu Export Data, bisa lihat perbedaannya dibawah ini 

sebelum install add on 


sesudah install add on, terdapat menu tambahan Export Data


Baik sekarang kita analisis menu baru yaitu Export Data, setelah saya klik create maka akan muncul tampilan seperti ini 


Nah setelah muncul tampilan diatas, fungsi setiap kolom masing masing berbeda.
1. Name (Boleh kalian coba isi dengan Nama Perusahaan Kalian, atau bebas)
2. Resource (menu ini kalian ini sumber yang akan kalian export nanti) 
3. Model (menu ini akan otomatis terisi setelah kalian mengisi menu resource)
4. Domain (kalian bisa memasukkan domain kalian)
5. Last Export Date (akan terisi otomatis, saat domain kalian terisi)
6. Fields to Export ( menu ini untuk mengisi data mana yang nantinya akan kita export)
7. Sequence dan Field Name ( kalian bisa isi dengan data kalian yang akan kalian export tinggal klik add an item)
8. Setelah selesai kalian bisa klik menu export yang berada di atas dekat menu simpan.
9. Selanjutnya setelah kalian klik menu export, maka kalian akan menuju menu yang akan mengarahkan kalian untuk mengexport data ke excel.
10. Untuk selengkapnya dan lebih jelasnya kalian bisa mengunjungi WEB INI

Ok baiklah selesai sudah penjelasaan saya kali ini, semoga dapat membantu anda.
Terima kasih sudah berkunjung :)

Wassalamualaikum wr. wb,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar